Senin, 08 Oktober 2012

Pengertian Bahasa Dan Fungsi Bahasa

Bahasa itu sendiri pengertiannya adalah sistem lambang bunyi yang berupa alat ucapan manusia yang digunakan untuk berkomunikasi oleh para pemakainya. 

Bahasa mempunyai fungsi sebagai berikut :


A). Sebagai alat untuk mengekspresikan diri : mampu mengungkapkan gambaran atau maksud disuatu perasaan oleh penggunanya. 


ada 2 unsur yang memperngaruhi mengekspresikan diri :

     1). keinginan seseorang untuk membebaskan diri dari tekanan emosi.


     2). menarik perhatian pada setiap bahasa yang kita ucapkan untuk orang lain.


B). Sebagai alat untuk berintegrasi dan beradaptasi sosial : saat beradaptasi seseorang harus memilih bahasa yang akan digunakan pada saat dia berintegrasi kepasa sesama manusianya . ada bahasa yang digunakan saat berintegrasi yaitu : non standart dan standart . non standar itu adalah bahasa yang digunakan untuk berbicara kepada seusia pemakainnya tersebut sedangkan standart adalah bahasa yang digunakan bila berbicara\berintegrasi kepada diatas usianya (orangtua,guru dan sebagainya) untuk dapat berbaur kedalam adaptasi sosial sesama manusia.


C). Sebagai alat kontrol sosial : dalam artian kontrol sosial tersebut mempergaruhi tingkah laku , sikap seorang.kontrol tersebut diterapkan pada diri pemakai tersebut dan masyarakat.


D). Sebagai alat komunikasi : komunikasi merupakan saluran maksud seseorang untuk menunjukan atau melahirkan perasaan dan memungkinkan untuk bekerja sama yang berarti memiliki tujuan agar para pembaca\pendengar menjadi sasaran utama perhatian seseorang.

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional di ikrarkan pada 28 oktober 1928 yaitu hari “Sumpah Pemuda” yang memilki fungsi-fungsi sebagai;

1. Lambang identitas Nasional : Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia merupakan lambang bangsa Indonesia. Berarti bahasa Indonesia akan dapat mengetahui identitas seseorang, yaitu sifat, tingkah laku, dan watak sebagai bangsa Indonesia.

2. Lambang kebanggaan kebangsaan : Sebagai lambang kebanggaan Nasional bahasa Indonesia memancarkan nilai- nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia.

3. Bahasa indonesia sebagai alat komunikasi : sebagai bahasa alat komunikasi antar sesama warga indonesia dan bahasa komunikasi ini disebut sebagai alat pemersatu bangsa juga.

4. Alat pemersatu bangsa yang berbeda Suku,Agama,ras,adat istiadat dan Budaya.

Hasil perumusan seminar polotik bahasa Nasional yang diselenggarakan di jakarta pada tangal 25 s.d. 28 Februari 1975 dikemukakan berdasarkan Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara adalah;1. Sebagai bahasa resmi kenegaraan.

2. Sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.

3. Sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, dan

4. Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi. 


http://rahmaekaputri.blogspot.com/2010/09/fungsi-dan-kedudukan-bahasa-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar