Selasa, 11 Maret 2014

Contoh Kasus Cyber Crime

Kejahatan dunia maya (cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan.
Salah satunya penyalahgunaan penyingkat URL adalah trik penjahat cyber untuk menjebak korban yang akan diincarnya. Contoh, pengguna Twitter. Dengan memanfaatkan layanan penyingkat URL, penjahat cyber bertujuan agar korban terjebak apabila meng-klik penyingkat URL menuju situs web yang berbahaya, mampu membajak akun twitter dan menularkan melalui posting seperti Auto Followers, Menyebarkan video erotis dan sebagainya.

Contoh kasus seperti gambar dibawah ini :



Diatas merupakan auto follower yang akan langsung menambahkan followers. Apabila kita meng-Klik link yang terdapat maka akan langsung menuju halaman seperti login (username dan password) tapi hati-hati apabila pengguna akun twitter sudah memasukan nama dan password maka secara otomatis pelaku mampu mencuri nama dan password dan menyebarkan pesan palsu (Auto Followers).

Contoh kasus seperti gambar dibawah ini :



Diatas merupakan akun twitter yang dibajak dimana akunya me-reply atau meretweet akun twitter yang berisi video erotis. apabila seseorang meng-Klik link yang terdapat pada postingan tersebut maka otomatis mendownload virus atau Trojan-Downlooader.Win32.Banload.sco..

Menghindari kasus ini sebaiknya pengguna akun twitter harus lebih berhati-hati dengan followers yang menyebarkan Link, Waspada bahwa Link yang akan di-klik berbahaya. Untuk penyelesaian kasus ini, Tim keamanan dari Twitter sudah membuang infeksi tersebut. Tapi perihal hukuman yang diberikan kepada penyebar virusnya belum ada kepastian hukum.

Sumber :
http://kasuskejahatandunimaya.blogspot.com/2012/12/a-pengertian-cyber-crime.html
http://lizamainardianty.wordpress.com/2012/08/03/10-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah-terjadi-beserta-modus-dan-analisa-penyelesaiannya/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar